Minggu, 06 Juli 2008

Pengertian Iklan

Oleh Rakhmat Supriyono


Iklan / Reklame / Advertising
Iklan = I'lan (Arab)
Reklame = Reclamare (Perancis)
Advertising = Advertere (Latin)
Advertentie (Belanda)
Advertising (Inggris)

Pengertian Iklan
Rhenald Kasali:
Pesan yang menawarkan suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

William F. Arens:
Struktur informasi dan susunan komunikasi nonpersonal yang umumnya dibiayai dan bersifat persuasif, tentang produk (barang, jasa, gagasan) oleh sponsor yang teridentifikasi, melalui berbagai media.

Frank Jefkins:
Advertising aims to pursuade people to buy.

Periklanan
Keseluruhan proses, meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan.

Hubungan: Iklan – Promosi – Marketing
MARKETING MIX
(Bauran Pemasaran)
PROMOTION MIX
(Bauran Promosi)
Product
Price
Place
Promotion
Advertising
Personal Selling
Sales Promotion
Publicity

Pengertian naskah iklan tergantung siapa yang bicara

Kritikus: Naskah iklan adalah komposisi kalimat yang membuat orang tergerak untuk membeli barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

Penulis naskah iklan televisi: Naskah iklan adalah perkataan (audio) yang melengkapi gambar dalam iklan televisi.

Frank Jefkins: Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif dan kuat, yang dilatarbelakangi kewiraniagaan melalui media cetak.

Tidak ada komentar: