Oleh Rakhmat Supriyono
Iklan / Reklame / Advertising
Iklan = I'lan (Arab)
Reklame = Reclamare (Perancis)
Advertising = Advertere (Latin)
Advertentie (Belanda)
Advertising (Inggris)
Pengertian Iklan
Rhenald Kasali:
Pesan yang menawarkan suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.
William F. Arens:
Struktur informasi dan susunan komunikasi nonpersonal yang umumnya dibiayai dan bersifat persuasif, tentang produk (barang, jasa, gagasan) oleh sponsor yang teridentifikasi, melalui berbagai media.
Frank Jefkins:
Advertising aims to pursuade people to buy.
Periklanan
Keseluruhan proses, meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan.
Hubungan: Iklan – Promosi – Marketing
MARKETING MIX
(Bauran Pemasaran)
PROMOTION MIX
(Bauran Promosi)
Product
Price
Place
Promotion
Advertising
Personal Selling
Sales Promotion
Publicity
Pengertian naskah iklan tergantung siapa yang bicara
Kritikus: Naskah iklan adalah komposisi kalimat yang membuat orang tergerak untuk membeli barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan.
Penulis naskah iklan televisi: Naskah iklan adalah perkataan (audio) yang melengkapi gambar dalam iklan televisi.
Frank Jefkins: Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif dan kuat, yang dilatarbelakangi kewiraniagaan melalui media cetak.
Minggu, 06 Juli 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar